Jumat, 17 Oktober 2014

Dampak Teknologi terhadap Sumber Daya Alam (SDA)

1 .DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP SUMBER DAYA ALAM

A. Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan SDA utama dalam memenuhi kebutuhan energi dunia 
-Dengan penggunaan minyak bumi akan menghasilkan gas buangan seperti karbn dioksida dan karbon monoksida .gas karbon monoksida ini sangat bercun dapat meracuni sel-sel darah merah , sehingga sel-sel ini tidak dapat lagi berfungsi mengangkut oksigen dalam jaringan tubuh 
- gas gas yang mengandung Pb (timah hitam ) aytau HG (air raksa ) yang dihasilkan dari campurnan bensin untuk di peroleh pembakaran yang lebih mudah , di mana gas gas ini sulit sekali diobati karena Pb dan Hg akan mengendap dalam jaringan manusia 
- bila dilihat dari pengeboran minyak bimi maka daerah penggalian minyak bumi terjadi pertumpahan minyak ,jelas akan merusak lingkungan .

B . Batu Bara 
- batu bara merupakan SDA berguna memenuhi kebutuhan energi 
- adanya cacing tambang yang membahayakan penggali 
- keterbatasan oksigen pada lokasi penggalian juga membahayakan penggali sehingga akan menimbulkan sesak nafas 
- tumpahan batu bara akan merusak lingkungan 
- gas yang timbul akibat hasil pembakaran nya membahayakan sama halnya dengan minyak bumi 

C . Air 
- dimana air SDA yang dapat di perbaharui artinya setelah dipakai dapat di bersihkan dan digunakan kembali untuk keperluan hidup manusia (misalnya : air minum ,pengairan dll)
- penurunan kwalitas air dapat menimbulkan penyakit atau bila polusi air berasal zak kimia beracun akan mengakibatkan penyakit yang serius dan membutuhkan waktu yang panjang untuk penyembuhanya 

D . Hutan Hewan dan Ternak 
- hutan hewan dan ternak memberikan manfaat pada manusia 
- penebangan hutan yang semena mena akan mengakibatkan hutan tidak dapat di perbaharui bahkan dapat musnah tmbuhan muda yang tumbuh juga akan keklurangan unsur hara karena erosi maka akan menimbulkan tanaman tersebut tidak akan tumbuh . 
- peggunaan pukat harimau akan menyebabkan semua bibit ikan akan mati sehingga tidak ada penggantinya lagi . 

E .Tanah 
- tanah pertanian sebagai SDA merupakan SDA yang dapat di perbaharui dan dapat di manfaatkan oleh manusia untuk produksi pertanian .
-penumpukan yang semprono akan menyebabkanb kerusakan pada tanah 

F . Sumber Daya Zat Radio Aktif 
- sumber daya radio aktif memang berguna bagi kehidupan manusia namun bila kita di tangani dengan baik akan menimbulkan bahaya.

C. Dampak IPTEK terhadap Sumber Daya Alam
1. Positif
Contoh dampak positif IPTEK terhadap Sumber Daya Alam antaralain :
a. Tanah
Tanah merupakan tempat manusia hidup, tanah selain digunakan oleh manusia untuk tempat mendirikan bangunan juga digunakan untuk lahan pekerjaan misalnya para petani yang memanfaatkan lahan tanah yang luas untuk bercocok tanam. Dengan IPTEK kini pertanian telah menggunakan teknologi modern, contoh yang ada di Indonesia antara lain penggunaan traktor sebagai alat pembajak sawah yang di zaman dahulu belum ada dan masih menggunakan kerbau yang membajak sawah atau lahan mereka.
.b. Air
Air merupakan sumber daya alam penting bagi kehidupan manusia. Secara alami, manusia dapat memperoleh air dari mata air, sungai, dan danau yang merupakan air permukaan umum. Rakyat yang di lapisan bawah pada umumnya mengkonsumsi air permukaan umum, karena tersedia di alam sehingga diperoleh secara gratis. Dengan pengalaman dan kecerdasannya, manusia membuat sumur dekat dengan tempat tinggalnya, mula-mula dengan membuat lubang di mana air bawah tanah tertampung, kemudian membuat sumur yang mempergunakan pompa tangan yang kerjanya mekanis, sekarang dengan pompa listrik yang memanfaatkan energi listrik, sehingga tenaga manusia tidak dipakai. Air bawah tanah merupakan air tanah preatik yang terdapat di atas lapisan kedap air dengan permukaan bumi. Konsumennya pada umumnya golongan menengah. Perebutan memperoleh air bersih di kota-kota besar makin terasa. Pompa tangan atau pompa listrik dengan kekuatan kecil makin dikalahkan oleh jet pump, pompa listrik dengan kekuatan tinggi, sehingga daya serapnya kecil. Yang menjadi konsumennya golongan atas atau perusahaan seperti pabrik, hotel yang sangat memerlukan air. Air bawah tanah demikian diperoleh dari air tanah artesis, yaitu air tanah yang terdapat pada lapisan lolos air, terletak antara dua batuan kedap air. Kekayaan alam demikian untuk pengambilannya sudah dikenakan pajak. Air artesis dapat muncul dekat pantai atau di pulau.
c. Udara
Udara merupakan kebutuhan lain untuk makhluk hidup terdapat di atmosfer. Komposisi gas dalam udara terutama terdiri dari oksigen sekitar 20%, karbon dioksida 0,03%, air yang bergantung pada daerahnya. Komponen-komponen tersebut merupakan bahan baku bagi kehidupan organisme. Dalam dunia kedokeran pun udara sangat penting untuk mengisi tabung oksigen yang digunakan untuk membantu pernapasan pasien.
d. Bahan Tambang
Bahan tambang merupakan salah satu komoditi kekayaan suatu Negara dan pemanfaatan yang dilakukan secara maksimal tentu akan menghasilkan hasil yang maksimal. Dalam rangka pemanfaatan Sumber Daya Alam banyak Negara – Negara di dunia yang telah menciptakan alat – alat canggih. Di Indonesia telah banyak bahan tambang antara lain minyak bumi, batu bara, timah, emas, dll. Dengan adanya bahan tambang yang dimiliki oleh suatu Negara, akan banyak juga perindustrian yang mengelolanya.
e. Tumbuhan
Tumbuh-tumbuhan maupun binatang yang ada di bumi ini jika dimanfaatkan sebaik-baiknya, ditingkatkan nilainya akan menghasilkan manfaat yang lebih besar dan hal itu dapat dicapai dengan menggunakan teknologi mutakhir.
2. Negatif
a. Adanya eksploitasi Sumber Daya Alam secara tidak bertanggungjawab sehingga banyak Sumber Daya Alam yang pemanfaatannya kurang dapat dikendalikan.
b. Perusakan ekosistem. IPTEK akan berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup terutama ekosistem hewan dan tumbuhan. Contohnya SDA yang diperoleh di hutan, akan menganggu ekosistem hewan – hewan yang ada didalamnya
c. Ditemukannya bahan-bahan tambahan pada makanan akan menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya, misalnya penggunaan zat warna tidak pada tempatnya aka menimbulkan penyakit kanker.
d. Ditemukannya zat-zat pembasmi jasad pengganggu tanaman (pestisida). Pestisida berdasarkan sasarannya dapat digolongkan menjadi
Insektisida : berguna untuk membasmi serangga
Rodentisida : untuk membunuh binatang pengerat
Larvasida : racun untuk membasmi larva
Herbisida : untuk memusnahkan rumput yang tidak diinginkan
Fungisida : untuk membunuh lumut, jamur
Obat-obatan tersebut memang bermanfaat dan menguntungkan namun juga merugikan, baik petani maupun konsumen. Karena kecerobohan dalam pemakaian zat pembasmi tersebut akan menyebabkan tercemarnya tanaman-tanaman, karena kurangnya pengetahuan dari petani tersebut.


1 komentar:

  1. What is Betika - VLTopbet
    Betika is a bookmaker bk8 in Malta. leovegas Read about it on VLTOPbet! vua nhà cái Our website gives you the latest betting odds on Betika, with daily and weekly

    BalasHapus